Skip to main content

BARCODE SCANNER

BARCODE SCANNER

Kali ini saya akan mencoba membahas tentang barcode scanner yang sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Tapi untuk anda yang belum mengerti atau belum paham tentang fungsi dan pemakaian barcode scanner disini saya akan sedikit memberikan penjelasan yang singkat untuk fungsi dan cara pemakaian barcode scanner.

Fungsi dari barcode scanner adalah alat yang digunakan untuk membaca kode batang / kode barcode ( pengertian kode barcode ada di blog saya ) sehingga dapat mempercepat pekerjaan di bidang minimarket, ritel, grosir, jasa pengiriman, instansi pemerintah, rumah sakit, butik, apotek,dll. Keuntungan menggunakan barcode scanner ini adalah pertama memperkecil kesalahan input item yang disebabkan kesalah dari opertaor atau kasir minimarket. Yang kedua mempercepat entry data sehingga tidak terjadi antrian yang begitu panjang.

Barcode lebih efektif digunakan karena kebanyakan produsen telah meletakkan kode barcode dalam produk yang mereka produksi. Secara teori nomor barcode tidak mungkin sama karena produsen harus mendaftarkan kode angka dan barcode ke sebuah lembaga internasional. di Indonesia sendiri untuk mendaftarkan kode barcode bisa melalui deperindag, kemudian deperindag akan mendaftarkan kode barcode kita ke lembaga internasional.

Berikut contoh contoh barcode scanner yang sering di pakai.

1. BARCODE SCANNER ORBIT 7120


barcode scanner orbit 7120Barcode Scanner orbit 7120 merupakan barcode omni directional yang memiliki laser berbentuk jaring, sehingga dapat membaca  kode barcode yang terbalik sekalipun. Barcode scanner orbit 7120 lebih unggul di semua aspek, baik kecepatan scan, tingkat keakuratan dan kesensitifan scan, fleksibilitas dalam pembacaan scan, dll mengungguli produk pembanding di kelasnya. Pilihan yang tepat jika anda ingin memulai bisnis ritel/grosir. dengan design yang unik dan duduk, barcode scanner ini cocok untuk supermarket, minimarket, butik, toko fashion, apotek, toko oleh-oleh, rumah sakit, dan jenis usaha lainnya yang membutuhkan kecepatan dalam melayani pelanggan.







Adapun Spesifikasinya :
- Sumber pencahayaan : 650 nm Visible laser diode
- Kecepatan Scan : 5 field of 4 parallel lines
- Kecepatan Scan omni : 1120 scan per detik
- Jumlah garis omni : 20 scan per detik
- Jarak Scan : 25 cm ( 26 mil )
- Lebar Scan : 5 cm
- Membaca kode barcode 1 dimensi
- interface : USB

2. BARCODE SCANNER SYMBOL DS9208 2D

Barcode scanner symbol ds9208 2D merupakan barcode scanner yang memiliki sensifitas yang sangat tinggi bisa membaca kode barcode 1D dan 2D. Bentuknya yang sangat ringkas, dengan kemampuan yang luar biasa, sensifitas imager sehingga refleksi sinar tidak menyebar lebar terlalu jauh. Dengan teknologi LED ganda sehingga sangat awet dalam umur pemakaian. Sering kita jumpai di berbagai swalayan yang ada di indonesia.








Adapun Spesifikasinya :
- Light source : aiming dot 625nm LED & illumination 630 nm LEDs
- Swipe Speed : Up to 90 In ( 2,3 m ) per detik
- Imager field of view : Horizontal 46 derajat & vertikal 29,5 derajat
- Scan range : 26,7 cm
- Scan roll : 360 derajat
- Membaca kode barcode 1D & 2D
- Interface : USB


3. BARCODE SCANNER DATALOGIC QW 2100

Barcode scanner datalogic QW2100 adalah barcode scanner handheld yang memiliki sensifitas tinggi. dengan adanya stand, barcode scanner qw2100 ini dapat di setting secara auto scan tanpa harus memegang barcode scanner itu sendiri. dengan harga yang relatif murah barcode scanner ini cocok untuk anda yang berbudget minim untuk memulai bisnis minimarket. barcode scanner qw2100 sering juga di gunakan untuk layanan jasa pengiriman, rumah sakit, toko fashion, apotek,dll.
Stand dari barcode scanner qw2100 ini dapat di ubah-ubah sesuai dengan keinginan kita.







Adapun Spesifikasinya :
- Sumber pencahayaan : RED LED 610-650 nm
- Kecepatan scan : 400 scan per detik
- Jarak baca barcode dapat mencapai : 20cm
- Scan pattern : garis lurus
- Scan angle : horizontal
- Print contras : 25%
- Tingkat cahaya : 120.000 lux
- Membaca kode barcode 1D
- Interface : USB

Demikian sedikit penjelasan dan fungsi dari barcode scanner, semoga bermanfaat bagi anda semua.
Apabila ada update barcode scanner dengan teknologi baru saya akan segera memposting barcode scanner tersebut. Apabila anda masih punya pertanyaan tentang barcode scanner anda bisa kontak saya di bio yang tertera di blog ini, Sekian terima kasih.







































Comments

Popular posts from this blog

CARA PENGGUNAAN / SETTING AWAL CASHREGISTER SES-400

CARA PENGGUNAAN /  SETTING AWAL CASHREGISTER CASIO SE-S 400 Untuk postingan kali ini saya akan mencoba sedikit memberi info/cara penggunaan cashregister casio SES-400. Sebelumnya saya menjelaskan tentang bagaimana penggunaan cashregister casio SE-S400, saya akan sedikit membahas spesifikasi cashregister Casio SE-S400, cashregister casio se-s400 merupakan mesin kasir yang biasa di pergunakan untuk rumah makan / butik baju, dengan design yang bagus cashregister casio SE-S400 ini juga memiliki fitur yang lengkap dibandingkan dengan merk yang lainnya, pengoperasian dan perawatan nya pun juga cukup mudah. Cashregister Casio SE-S400 ini menggunakan printer thermal ukuran kecil untuk mencetak struk belanja, kertas struk yang digunakan adalah kertas struk dengan bahan thermal dengan ukuran maksimal lebar kertas 58mm, mempunyai 2 display untuk penjual dan pembeli, cashregister SE-S400 juga sudah dilengkapai dengan cashdrawer/laci uang dengan 4 kotak untuk uang koin, 3 kotak dengan penje

Barcode Printer

Printer Barcode Berikut ini saya akan menjelaskan sedikit tentang printer barcode Printer barcode adalah jenis printer dengan pengelompokan berdasarkan kegunaannya, yaitu untuk mencetak label barcode. Printer barcode ada 2 macam jenis Printer barcode direct thermal & Printer barcode thermal transfer. Printer barcode direct thermal artinya kertas atau bahan yang di panaskan langsung oleh thermal head dari printer. Kelemahan jenis direct thermal ini adalah bahwa hasil cetak lebih mudah pudar atau rusak karena pengaruh suhu. sedangkan Printer barcode jenis thermal transfer intinya pada printer ini selain menggunakan kertas label juga menggunakan media yang disebut ribbon. Ribbon inilah yang di panaskan, sehingga warna dari ribbon akan lengket ( transfer ) ke kertas atau media. Hasil cetaknya jelas sudah tidak terpengaruh suhu. karena prinsipnya adalah pelengketan dengan panas. Yang membedakan printer barcode dengan printer biasa adalah jenis packing kertas. Kalau printer pada umu