Skip to main content

Barcode Printer

Printer Barcode
Berikut ini saya akan menjelaskan sedikit tentang printer barcode
Printer barcode adalah jenis printer dengan pengelompokan berdasarkan kegunaannya, yaitu untuk mencetak label barcode.
Printer barcode ada 2 macam jenis Printer barcode direct thermal & Printer barcode thermal transfer. Printer barcode direct thermal artinya kertas atau bahan yang di panaskan langsung oleh thermal head dari printer. Kelemahan jenis direct thermal ini adalah bahwa hasil cetak lebih mudah pudar atau rusak karena pengaruh suhu. sedangkan Printer barcode jenis thermal transfer intinya pada printer ini selain menggunakan kertas label juga menggunakan media yang disebut ribbon. Ribbon inilah yang di panaskan, sehingga warna dari ribbon akan lengket ( transfer ) ke kertas atau media. Hasil cetaknya jelas sudah tidak terpengaruh suhu. karena prinsipnya adalah pelengketan dengan panas. Yang membedakan printer barcode dengan printer biasa adalah jenis packing kertas. Kalau printer pada umumnya menggunakan sistem lembaran, printer barcode menggunakan sistem roll. penjelasan tentang label/kertas label sudah ada di blog saya sebelumnya. Demikian sedikit tentang pengertian printer barcode dan saya akan memberikan sedikit contoh printer barcode yang sudah sering di gunakan di pasaran indonesia

1. Printer Barcode Postek C168
printer barcode postek c168
Printer barcode Postek C168 merupakan printer barcode dengan teknologi thermal transfer dengan lebar print area 104 mm. Printer ini dapat memenuhi kebutuhan dengan budget yang minim dan kualitas, ketahanan, performa tetap diutamakan untuk semua keperluan labeling.
Printer barcode Postek C168 memliki ARM CPU 32 bit dengan 2MB Flash ROM dan 2MB SDRAM. Tersedia sensor reflective yang mudah di setting untuk berbagai keperluan printing dengan kompabilitas media printing. Printer barcode postek mampu memuat ribbon 300 meter yang mampu di gunakan untuk jangka waktu yang lama.
Adapun spesifikasinya
1. 32 bit RISC processor
2. interface : USB + RS232 Serial
3. Metode Percetakan Thermal transfer
4. Max printing speed 3ips ( 76.2 mm/s)
5. Max percetakan label ( 104 mm)
6. Max percetakan panjang 20 ( 508 mm )
7. Pita / Ribbon Wax, WaxResin. Resin
8. Ribbon roll : OD ( 76.2 mm ) max , ID ( 25,4 mm ) core
9. Max lebar Ribbon : 110mm ;panjang : 360m 



2. Printer Barcode TSC244 Pro
printer barcode tsc 244 pro

Printer Barcode TSC 244 Pro Merupakan penerus dari printer barcode TSc 244 Plus. printer barcode ini dapat memenuhi kebutuhan mencetak label barcode anda dengan budget yang relatif murah. Bentuk nya yang kotak dan ringkas mudah dalam penggunaan di lokasi yang sempit.
Printer barcode TSC 244 Pro mampu memuat ribbon 300m sehingga dapat digunakan untuk jangka panjang. Printer barcode TSC di dukung 3 media sensor yaitu Gap transmitive, Blackmark sensor dan Ribbon end sensor, dengan kecepatan cetak 5 line per detik ( 127mm ) untuk mencetak label barcode dan kompabilitas dengan media cetaknya.






Adapun Spesifikasinya 
1. Print method : Thermal transfer
2. Print Speed : 5 Lps ( 127 mm/sec )
3. Resolution : 203 Dpi
4. Print Width : Max 108mm
5. Print Lenght : 2.286
6. Media : Roll feed, die-cut, Black mark, Fan-fol, continous & notched
7. Core label : 1" 25,44mm dan 3" 76.2mm
8. Label width : min 25.4 mm max 102 mm
9. Ribbon length : 300m
10. Media Sensor : Gap transmitive, Black mark & ribbon end sensor
11. Interface : USB + RS232
12. Barcode type : 1 Dimensi & 2 Dimensi
13. Printer language : TSPL-EZ  ( compatible to EPL,ZPL )

3. Printer Barcode Zebra GT-820

Printer barcode zebra gt 820 merupakan printer barcode dengan teknologi direct thermal dan thermal transfer. Printer barcode zebra gt820 di design untuk pekerjaan yang membutuhkan kecepatan dan ketepatan yang sangat tinggi. Printer barcode zebra GT820 di lengkapi dengan berbagai fitur yang canggih untuk memenuhi kebutuhan cetak label dengan volume rendah sampai menengah yang mana printer ini dapat memuat ribbon 300m dan mempunyai kecepatan cetak 5ips. Printer barcode zebra gt 820 banyak di gunakan untuk cetak labeling di berbagai rumah sakit, jasa pengiriman barang, cargo bandara, minimarket, bahkan di pabrik dengan mencetak label dengan volume cetak menengah biasanya lebih memilih printer barcode zebra gt820 dari pada printer industri yang lainnya.

Adapun Spesifikasinya : 
1. Print Method : Thermal transfer & Direct thermal
2. Resolusi 203 Dpi
3. Kecepatan cetak 5 ips ( 127 mm/sec )
4. Max lebar cetak 104 mm
5. Max panjang cetak 990mm
6. Media Type : Roll feed, die-cut, Black mark, Fan-fol, continous & notched
7. Ribbon  :  Wax, Wax resin, Resin ( face out dengan max lebar 110mm dan panjang 300m )
8. Media Sensor Fixed reflective dan Transmissive sensors
9. Interface USB + RS232
10. Bahasa pemograman EPL & ZPL
11. Barcode type : 1 Dimensi & 2 Dimensi

Demikian sedikit infomarsi tentang printer barcode yang beredar di pasaran. saya akan mengupdate bila ada jenis printer dan merk lain. untuk info lebih detail anda dapat menghubungi saya di bio yang sudah tertera di atas.














Comments

Popular posts from this blog

CARA PENGGUNAAN / SETTING AWAL CASHREGISTER SES-400

CARA PENGGUNAAN /  SETTING AWAL CASHREGISTER CASIO SE-S 400 Untuk postingan kali ini saya akan mencoba sedikit memberi info/cara penggunaan cashregister casio SES-400. Sebelumnya saya menjelaskan tentang bagaimana penggunaan cashregister casio SE-S400, saya akan sedikit membahas spesifikasi cashregister Casio SE-S400, cashregister casio se-s400 merupakan mesin kasir yang biasa di pergunakan untuk rumah makan / butik baju, dengan design yang bagus cashregister casio SE-S400 ini juga memiliki fitur yang lengkap dibandingkan dengan merk yang lainnya, pengoperasian dan perawatan nya pun juga cukup mudah. Cashregister Casio SE-S400 ini menggunakan printer thermal ukuran kecil untuk mencetak struk belanja, kertas struk yang digunakan adalah kertas struk dengan bahan thermal dengan ukuran maksimal lebar kertas 58mm, mempunyai 2 display untuk penjual dan pembeli, cashregister SE-S400 juga sudah dilengkapai dengan cashdrawer/laci uang dengan 4 kotak untuk uang koin, 3 kotak dengan penje

BARCODE SCANNER

BARCODE SCANNER Kali ini saya akan mencoba membahas tentang barcode scanner yang sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Tapi untuk anda yang belum mengerti atau belum paham tentang fungsi dan pemakaian barcode scanner disini saya akan sedikit memberikan penjelasan yang singkat untuk fungsi dan cara pemakaian barcode scanner. Fungsi dari barcode scanner adalah alat yang digunakan untuk membaca kode batang / kode barcode ( pengertian kode barcode ada di blog saya ) sehingga dapat mempercepat pekerjaan di bidang minimarket, ritel, grosir, jasa pengiriman, instansi pemerintah, rumah sakit, butik, apotek,dll. Keuntungan menggunakan barcode scanner ini adalah pertama memperkecil kesalahan input item yang disebabkan kesalah dari opertaor atau kasir minimarket. Yang kedua mempercepat entry data sehingga tidak terjadi antrian yang begitu panjang. Barcode lebih efektif digunakan karena kebanyakan produsen telah meletakkan kode barcode dalam produk yang mereka produksi. Secara teori nomor